Jumat, 16 Desember 2011

HAMSTER YANG KEKURANGAN GIZI, VITAMIN DAN MINERAL

Bagaimana hamster yang kekurangan gizi, vitamin dan mineral??? Mari kita bahas penyakit akibat kekurangan zat tersebut:

  • Paralysis Kandang ( Gejalanya paralysis kandang antara lain hamster tampak sering tidak tenang, makan terus-menerus, dan sering melompat. Penyebabnya, hamster dipelihara di tempat yang terlalu sempit atau kekurangan vitamin D dan E. Cara mengatasinya adalah menempatkan hamster di dalam kandang yang lebih luas, serta memberi menu pakan yang bervariasi serta memberi asupan vitamin D dan E.
  • Maloclusion Maloc1usion adalah gejala kelebihan panjang gigi akibat hamster jarang memperoleh kesempatan untuk mengasah giginya. Penanganannya bisa dilakukan dengan cara memberi hamster menu pakan yang keras sebagai selingan, seperti beberapa butir biji jagung, makaroni mentah, wortel, lembaran tulang curni (berwarna putih), dan potongan kayu atau ruas batang bambu.
  • Diare terjadi akibat pakan yang kotor, busuk, berjamur, tidak cocok, dan hamster terkena hembusan angin secara terus menerus. Gejala diare berupa kotoran basah dan lembek atau berair. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan hanya pakan kering dan membatasi air minum yang matang menggunakan botol selama hamster terkena diare. Untuk menyembuhkannya dianjurkan dengan cara membeerikan arang norit (1/4 tablet dicampur dengan 20 cc air matang hangat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar