Jumat, 16 Desember 2011

Membuat Sendiri Makanan Hamster

Makanan Hamster Saya
Ada beberapa solusi bagi peternak hamster untuk membuat makanan hamster sendiri. Kenapa membuat makanan sendiri? Jawabnya agar lebih menghemat uang dan efektif untuk hamster sendiri. Efektiv untuk hamster yang dimaksud adalah makanan yang kita beli atau buat sendiri akan mempengaruhi produktivitas hamster atau tidak. Apakah kelebihan makanan/nutrisi buat hamster akan menimbulkan produktivitas yang rendah? Kelebihan makanan pada hamster akan menimbulkan obesitas/kegendutan sehingga akan mempengaruhi hamster tersebut untuk hamil, apabila hamster mengalami obesitas akan mempengaruhi produktivitas hamster itu sendiri.


Pertanyaannya sekarang adalah apa tujuan anda untuk memelihara hamster? Untuk hiburan atau teman bermain atau ternak? Apabila anda memelihara hamster sekedar hiburan, anda dapat membeli makanan hamster di petshop, makanan hamster dipasaran umumnya sudah mencukupi kebutuhan nutrisi hamster. Tetapi kalau kita perhatikan ada beberapa makanan yang tidak di makan oleh hamster. Kenapa? Karena hamster akan menghabiskan makanan yang paling disukainya sehingga makanan yang kurang disukai tidak termakan dan tentu saja akan membuang makanan tersebut/mubadzir kan. Apa yang ditimbulkan apabila hamster kelebihan makanan? Hamster akan mengalami obesitas akan tetapi kalau dipandang dari bentuk tubuh hamster akan lebih menarik. Singkat cerita, anda tidak apa-apa kalau memberi makanan hamster dengan makanan hamster yang sudah ada dipetshop karena secara tidak langsung akan memberikan obesitas sehingga hamster terlihat lucu.

Makanan hamster apa yang cocok untuk peternak? Seperti gambar diatas, anda dapat membuat sendiri dengan cara try and eror (coba dan salah) sehingga anda dapat menemukan makanan yang cocok untuk hamster menurut racikan anda sendiri dan bagaimana makanan yang anda buat nanti mempengaruhi produktivitas hamster itu sendiri. Catatan, anda tidak perlu terpaku dengan makanan hamster yang ada dipasaran dan anda harus mencoba sendiri. 

Tau gak makanan hamster saya? Makanan hamster saya terdiri dari campuran millet merah putih, konsentrat PK2 Merah dan konsentrat SP (susu pap) dengan perbandingan masing-masing bahan 2:2:1. Mengapa saya pilih banhan tersebut? Karena bahan tersebut menurut saya paling efektif terhadap produktifitas hamster. Konsentrat yang saya gunakan adalah konsentrat PK2 Merah, sebenernya konsentrat PK2 Merah itu konsentrat buat hewan apa sich? Konsentrat PK2 Merah merupakan konsentrat ikan koki, dimana konsentrat ini sudah mencakup nutrisi untuk ikan mas koki dan hamster saya juga sangat suka. Sedangkan konsentrat SP (susu pap) merupakan konsentrat buat kelinci, dimana kelinci merupakan hewan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan dan hamster juga memerlukan konsentrat ini sebagai snack/makanan ringan sehingga hamster tidak memakan terlalu banyak konsentrat ini.

2 komentar: