Jumat, 16 Desember 2011

Membuat Kandang Hamster Cuma 20ribu

Apa perlu kita membeli kandang hamster yang mahal? Tidak, kita bisa menjadikan aquarium sebagai kandang hamster, asalkan hamster tidak bisa keluar dari kandang. Apa saja yang harus ada di kandang hamster? Benda-benda yang harus ada dikandang hamster yaitu botol minum, tempat makan, WC. Selain itu anda dapat menambahkan mainan serta rumah-rumahan untuk hamster.

Kandang hamster saya sangat simpel, anda bisa membuat sendiri dengan modal 20ribuan, murah bukan. Mari kita liat kandang hamsternya.

Tampak Jauh
Ini foto kandang hamster saya. Sangat simpel sekali bukan! Kandang hamster yang terdiri dari bak ukuran 30x37cm berbentuk kotak yang atasnya diberi kawar kotak-kotak agar hamster tidak lepas dan dijapit kayu reng. Kandang tersebut juga bisa diberi botol minum, mainan serta WC untuk hamster. Kelebihan dari kandang ini adalah kandang ini sangat ringan sekali sehingga lebih efektif untuk membersihkannya.

Mari kita liat bagian demi bagian kandang hamster saya sehingga anda dapat meniru serta membuat kandang hamster dan apabila anda tertarik.

Bak plastik dng penjepit kayu
Apabila anda ingin membuat kandang hamster, pertama yang anda siapkan adalah bak plastik, kawat kotak-kotak, kayu reng ukuran 2x1cm sebagai penjepit.

Gambar disamping terlihat bahwa kayu menjepit bak plastik, dimana kayu reng yang ber bentuk kotak tersebut atasnya ditutup dengan kawat kotak-kotak.

Untuk harga bak kotak sekitar 8ribu/kotak, reng 2x1cm sekitar 3500/2m untuk kawatnya sendiri sekitar 15-25ribu. Ini menurut survey saya dibeberapa toko.

Penjepit Bak yang sudah ada kawatnya
Waw banyak ya!!! Ini saya buat untuk ternak hamster saya saudara-saudara. Gambar disamping merupakan kayu kotak yang sudah ditempelkan kawat pada kayunya.

Cara menempelkan kawat dengan kotak kayu yaitu dengan memaku kawat kotak dengan kayu yang sudah berbentuk kotak sehingga seperti gambar disamping ini saudara-saudara.



Tempat Botol Minum Hamsternya
Anda juga bisa menambahkan botol minum dikandang ini. Mau tau caranya?? Caranya gampang sekali saudara-saudara yaitu dengan melubangi kawat kotak sejumlah 3 lubang kotak sehingga pas dengan ukuran botol minum tersebut. Setalh itu Anda bisa meletakkan botol minum pada lubang yang sudah anda buat. Supaya botol minum tidak jatuh ke dalam kandang hamster, Anda bisa menambhakan pengunci botol minum tersebut dan memberi karet agar karet menahan botol minum tersebut.
Kurang lebih seperti gambar disamping saudara-saudara, bagaimana menurut Anda kandang hamster saya!! Kalau baca artikel ini tolong kasik komen ya. Ini saya kasik foto-foto kandang hamster saya dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Lumayan Aman Kandangnya!!
Hamsterku Nyaman dngn Kandang Barunya

Lumayan Luas, Ayo Lari-lari

Ada botol minum, bisa digunakan pas lagi haus!!!

Kalau Mandi sudah ada tempat Mandinya Lho..

Haus..Ayo minum dulu..

1 komentar:

  1. Mau tanya dong, kandang2 gini cocok ga buat pemula? itu baknya beli di toko material apa bikin sendiri pakai impraboard? namanya bak apa?

    Trim's sebelumnya.

    BalasHapus

Follow by Email