Jumat, 16 Desember 2011

Gen Dilute pada Hamster Campbell

Hamster Dilute, hamster ini masih dalam satu jenis dengan hamster campbell dan mirip sekali dengan hamster campbell albino. Nah hal ini yang menarik untuk dibahas dalam posting kali ini.

Hamster Campbell dengan gen dilute itu seperti apa sih? Langsung saja saya jelaskan, hamster campbell dengan gen dilute mempunyai "warna bulu dominan putih dan mata hitam" dan berbeda dengan hamster campbell albino yang mempunya warna bulu selalu putih dan identik dengan warna mata merah.


Mungkin yang selalu jadi pertanyaan adalah "Bagaimana cara membuat hamster campbell dilute?". Kasik tau gak ya? Kasik tau aja deh..hehehehe. Arti kata dari DILUTE itu sendiri adalah memudar atau melunturkan.. Ok kalau sudah tau artinya, mari kita lebih dalam lagi mengenal hamster dilute ini.

Dilute adalah suatu corak warna yang cenderung memutih secara ekstrim dan dilute dapat terjadi pada campbell mata merah dan mata hitam. DILUTE PLATINUM terjadi jika gen dilute bertemu gen platinum, hal ini ditandai dg bercak hitam dikuping hamster namun tidak selalu seperti itu. biasanya yg ada bercak hitam dikuping adlh jenis dilute platinum black dan turunannya.

Sebenarnya dilute dalam campbell tidak ada!!! lho??? Jika kita memiliki hamster yang putih polos dengan mata hitam/merah, kita harus lebih teliti lagi mengamati. Pasti ada ciri tertentu/corak/semburat warna yg tertinggal yang menandakan hamster campbell tersebut masuk kategori apa. Untuk jenis yang bermata hitam, berasal dari indukan yang bermata hitam juga. Misal normal,opal, black atau blue dan jika ada black x black platinum/mottled hasilnya ada anakanya yang dilute, itu menandakan hamster tersebut adalah Dilute Platinum Black (biasanya ada bercak hitam juga dikuping)

Kok begitu? Dilute dapat menempel/bercampur dengan warna/gen lain dalam hamster campbell, makin rumit kan? Tapi itu yg memang terjadi.

Walau resesif, jika gen dilute plus platinum timbul dalam suatu jenis hamster, maka warna hamster tersebut akan tertutupi oleh gen dilute ditambah corak platinum yang memang memutih, sehingga memutih/memudar semua dan namun ada sedikit corak/semburat yang tertinggal dan itu sangat sulit ditemui dan namun ada. Untuk mengetahui hamster tersebut sebenarnya varian apa? Tinggal mix dengan varian lain, misal ada campbell putih polos mata hitam di pasangkan dengan normal(stabil), maka jika anaknya keluar opal/black, maka varian tsb berarti dilute platinum opal/black. jika campbell putih polos mata merah x normal (stabil), anakannya keluar, itu berarti dilute platinum argente. jika keluar campbell putih polos mata merah semua, itu termasuk albino...(ya ga?)

Dilute dapat berupa/berbaur dengan gen lain, misal dilute normal, dilute argente dan dilute lilac. Hal ini ditandai dengan warna hamster tersebut yang luntur/pudar. Misal lilac yang abu-abu cerah/lebih putih, blue yang agak cerah, hal yg berbeda terjadi pada varians black yang ter"insprirasi" gen dilute, yaitu warna hitam memudar dan terlihat agak kecoklatan...

Dilute platinum tidak selalu bermata hitam!!! REW adalah masuk kategori dilute platinum, namun bermata merah. Apakah itu REW atau albino??? test mating/kawin dengan hamster jenis lain bisa menjawab, misal ada campbell putih polos mata merah x argente(stabil), jika keluar anakan argente maka hamster tersebut bisa masuk kategori dilute platinum argente/bluefawn...

Hasil anakan dilute platinum (BEW atau REW) biasanya menghasilkan varian campbel bercorak platinum/collar...